cover
Contact Name
Ibrahim
Contact Email
jurnalbiologieducation@serambimekkah.ac.id
Phone
+628126940323
Journal Mail Official
azwir@serambimekkah.ac.id
Editorial Address
Jl. Unmuha, Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Biology Education
ISSN : 2302416X     EISSN : 25492330     DOI : https://doi.org/10.32672/jbe.v10i1
Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan Oktober. jurnal ini menyajikan hasil penelitian di bidang pendidikan Biologi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Lesson Study, Pembelajaran lainnya dan penelitian Multi Disiplin Ilmu
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education" : 16 Documents clear
PENGGUNAAN SLINGKI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GELOMBANG DI KELAS VIII-5 SMP NEGERI 3 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2018-2019 Juwarni Juwarni; Nanda Fahira
Jurnal Biology Education Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.02 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v9i1.3016

Abstract

Penelitian yang dilakukan dengan judul penggunaan slingki sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gelombang di kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Banda Aceh tahun ajaran 2018-2019 dengan rumusan masalah penggunaan slingki sebagai media pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gelombang pada siswa kelas VIII-5. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana metode ini digunakan untuk melihat kemampuan siswa dalam memahami konsep Gelombang dengan menggunakan media Slingki dengan analisis data yang digunanan ada secara deskriptif untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus I dan II, maka dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, pada  konsep gelombang.  Hal ini dapat kita lihat dari  hasil belajar siswa, aktivitas siswa pada saat PBM berlangsung dan kemampuan guru dalam melaksanakan PBM. Setelah dilakukan analisis peningkatan ini berkaitan langsung dengan penggunaan  slinki sebagai media pembelajaran. Aspek yang terpenting adalah peningkatan hasil belajar siswa. Selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa,  sebagai media menggunakan asli yaitu slinki pembelajaran dapat juga berfungsi meningkatkan kemampuan daya pikir siswa pada konsep gelombang, yang selama ini dianggap sebagai materi yang sulit. Hasil belajar siswa  yang diperoleh pada  siklus I belum sesuai dengan harapan yang diinginkan yaitu 70% . Hasil belajar siklus I hanya 73,6 % siswa tidak tuntas dan sebanyak 3 orang siswa yang memperoleh nilai 68 keatas tidak sesuai dengan nilai KKM. Berdasarkan dari seluruh hasil tindakan yang menunjukkan terjadinya  peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan keaktifan siswa serta peningkatan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan media asli  sebagai media pembelajaran dapat digunakan pada  konsep gelombang. Maka dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa. Penggunaan media asli yaitu slinki sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gelombang di kelas VIII-5 SMP negeri 3 Banda Aceh. Penggunaan media asli yaitu slinki sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa pada konsep gelombang, di kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Banda aceh. Penggunaan media asli yaitu slinki sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran  pada konsep gelombang,  di kelas VIII-5 SMP negeri 3 Banda aceh.
OBSERVASI PERILAKU HARIAN PRIMATA MONYET EKOR PANJANG (Mascaca fascicularis) BERDASARKAN ETNO EKOLOGI DI KAWASAN GUNUNG GEURUTEE KABUPATEN ACEH JAYA Azwir Azwir; Jalaluddin Jalaluddin; Said Faisal
Jurnal Biology Education Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.02 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v9i1.3011

Abstract

Monyet Ekor Panjang adalah salah satu fauna yang menjadi daya tarik wisatawan di Gunung Geurutee Aceh Jaya. Perilaku harian Monyet Ekor Panjang adalah salah satu aspek yang harus diketahui untuk kepentingan konservasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) di Gunung Geurutee. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Pengamatan perilaku Monyet Ekor Panjang dilakukan pada tiga kelompok yang masing-masing terdapat pada di sebelah barat, utara dan timur Geurutee. Metode pengamatan perilaku Monyet Ekor Panjang yang digunakan adalah Scan Sampling. Setiap kelompok Monyet Ekor Panjang diamati sebanyak tiga kali, masing-masing selama 120 menit dengan interval waktu 5 menit. Perilaku Monyet Ekor Panjang di sebelah barat dari tinggi ke rendah adalah   bergerak   (39,26%),   makan   (17,66%),   inaktif   (13,96%) grooming (11,55%), bersuara (9,8%), bermain (4,04%), agonistik (2,03%), tidur (1,6%), dan kawin (0,1%). Perilaku Monyet Ekor Panjang di sebelah timur dari tinggi ke rendah  adalah  bergerak  (37,28%),  bersuara  (15,2%),  makan  (14,53%),  inaktif (12,3%), grooming (11,16%), agonistik (4.6%), bermain (3,63%), tidur (1,17%), dan kawin (0,13%) dan Perilaku Monyet Ekor Panjang di sebelah utara dari tinggi ke rendah adalah bergerak (38,03%), makan (28,64%), inaktif (13,2%), bersuara (10,14%),  grooming   (6,42%),  agonistik  (1,9%),  bermain   (1,17%),   dan  tidur (0,5%). Terdapat 9 jenis pada titik pengamatan sebelah barat dan timur, sedangkan pada titik pengamatan sebelah utara terdiri atas 8 jenis perilaku. Rata-rata persentase perilaku Monyet Ekor Panjang dari yang tinggi ke rendah adalah bergerak, makan, inaktif, bersuara, grooming, bermain, agonistik, tidur dan kawin.
PELAKSANAAN POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU) LANSIA OLEH KADER DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR Nur Asiah; Henki Adisa Putra; Rita Surya
Jurnal Biology Education Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.02 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v9i1.3027

Abstract

Kesehatan lansia yang baik di fokuskan pada upaya untuk dapat menambah usia dan memperpanjang kehidupan, sehingga memungkinkan mereka tidak hanya hidup lebih lama, tetapi juga dapat memperluas keterlibatannya secara aktif dalam semua kegiatan di masyarakat. Pemerintah mencanangkan pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan melalui program puskesmas dengan melibatkan peran dan lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial yang disebut posyandu lansia. Kegiatan posyandu lansia ini merangkap upaya-upaya perbaikan dan meningkatkan kesehatan masyarakat, meliputi: kegiatan promotif, preventif, kuratit dan rehabilitatif yang dilaksanakan oleh kader posyandu dibawah bimbingan petugas kesehatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan posyandu lansia oleh kader di wilayah kerja Puskesmas Selimeum Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian ini bersifat Deskriptif  Kualitatif dengan tehnik pengambilan sampel secara Total sampel dengan jumlah sampel 50 orang. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Selimeum Kabupaten Aceh Besar, dengan analisa Univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 50 responden berada pada kategori baik dalam kegiatan promotif yaitu sebanyak 20 responden (40%), berada pada kategori baik  kegiatan preventif yaitu sebanyak 22 responden (44%), berada pada kategori baik pada kegiatan rehabilitatif yaitu sebanyak 28 responden (56%). Kesimpulan sebagian besar gambaran pelaksanaan posyandu lansia berada dalam kategori baik. Diharapkan bagi puskesmas meningkatkan petugas kesehatan dalam melakukan  pelatihan kepada kader posyandu lansia.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAFASAN DI MAN 3 Meulaboh Samsuar Samsuar; fitriani fitriani; Jumarsa Jumarsa
Jurnal Biology Education Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.02 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v9i1.3012

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Games Turnament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Tentang Sistem Pernafasan di MAN 3 Meulaboh”. Ini mengangkat masalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi tentang sistem pernafasan di MAN 3 Meulaboh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi tentang sistem pernafasan di MAN 3 Meulaboh. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 3 Meulaboh yang terdiri dari 2 ruang berjumlah 50 orang siswa. Sampel dipilih secara random , dan ternyata kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data dihitung dengan statistik sederhana yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perolehan thitung sebesar 7,42 dan ttabel 2,015, maka thitung ttabel (7,42 2,015) dengan taraf signifikasi 5% (0,05) dan derajat kebebasan db = (n1+ n2 – 2) = (25+25-2) = 48. Dengan demikian Ha yang berbunyi “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi tentang sistem pernafasan di MAN 3 Meulaboh” diterima kebenarannya.
PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 MASYARAKAT GAMPONG LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH Almukarramah Almukarramah; Jailani Jailani; Ibrahim Ibrahim; Wety Ulandari
Jurnal Biology Education Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jbe.v9i1.3013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dalam menerapakan sanitasi lingkungan serta perilaku hidup bersih yang dilakukan oleh masayarakat pada Masa Pandemi Corona Virus (Covid-19) di Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian adalah survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10% dari jumlah populasi, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang masyarakat (kepala keluarga) yang berdomisili dalam wilayah Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), wawancara dan observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat  perilaku hidup bersih pada masa pandemi covid-19 masyarakat Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh dapat dikategorikan baik. Masyarakat sangat berperan aktif dalam menjaga  juga berperilaku hidup bersih. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase pada setiap indikator penelitian dengan perolehan nilai persentase tertinggi yaitu 74,20%. Adapun upaya atau langkah-langkah yang dilakukan masyarakat dalam menjaga  berperilaku hidup bersih yaitu dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menyediakan tempat-tempat penampungan sampah baik pada lingkungan rumah maupun tempat-tempat umum dilingkungan masyarakat, mengikuti kegiatan bakti sosial dengan gotong royong bersama dan selalu mengikuti anjuran pemerintah melalui program kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.
IDENTIFIKASI JENIS-JENIS TUMBUHAN PAKU (Pteridophyta) YANG TUMBUH DI DESA UNING PUNE KECAMATAN PUTRI BETUNG KABUPATEN GAYO LUES Irma Yunita; Nurma Nurma; Ibrahim Ibrahim; Nurlena Andalia
Jurnal Biology Education Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.02 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v9i1.3015

Abstract

Dalam provinsi Aceh mempunyai  beberapa  kabupaten  salah satunya  yaitu  kabupaten Gayo Lues, di kabupaten Gayo Lues  terdiri  dari beberapa kecamatan  yang  menjadi  tempat penelitian  yaitu di kecamatan  Putri Betung, desa Uning Pune.  Desa Uning Pune   merupakan dataran tinggi, daerah tropis  yang  curah hujannya cukup  tinggi/tahunnya,  suhu di daerah tersebut kadag-kadang mencapai 18Cº-23Cº. dan banyak di temukan sumber mata air sehingga menyebabkan tekstur tanahnya menjadi lembab memudahkan tumbuhan untuk hidup. Dalam  taksonomi  tumbuhan  paku  di  kelompokkan  menjadi  4 kelas,  yaitu  kelas   Psilophtinae (paku purba) kelas Lycopodiinae (paku rambat  atau paku kawat) kelas  Equesetinae (paku  ekor kuda)  kelas Filicinae (paku sejati).  Selain  tumbuh  di tanah  tumbuhan  paku  juga  tumbuh pada  berbagai  jenis  pohon  atau menempel.Telah di lakukan penelitian tentang  Identifikasi Jenis-jenis tumbuhan paku (Pteridophyta) yang tumbuh di daerah desa Uning Pune Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues. Penelitian di lakukan pada tanggal  24 s/d 26 juli 2019. Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahiui  jenis-jenis tumbuhan paku  apa saja  yg tumbuh di daerah tersebut  dan manfaat tumbuhan paku, hasil penelitian di keringkan, bisa di jadikan sebagai media pembelajaran. Metode yang di gunakan dalam  penelitian ini  adalah survey lapangan. Analisis data penelitian dilakukan dengan  deskriptif, hasil yang  di dapat  akan di catat dan ambil dokumentasi. Berdasarkan dari  hasil penelitian yang telah di  laksanakan mengenai  Identidikasi  jenis-jenis  tumbuhan paku (Pteridophyta) yang tumbuh di desa Uning Pune Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues. Adapun jenis tumbuhan paku yang di temukan saat penelitian yaitu 28 jenis tumbuhan paku terdiri dari 11 famili, diantaranya yaitu famili Polypodiaceae memiliki  jumlah jenis terbanyak yaitu 12 jenis, kemudian  dari famili Nephrolepidaceae  jumlahnya 3 jenis, famili Pteridaceae 3 jenis, famili Defalliaceae 3 jenis, famili  Aspleniaceae 1 jenis, famili Equisetaceae 1 jenis famili Marsileaceae 1 jenis, famili Onocleaceae 1 jenis, famili Isoetaceae 1 jenis famili Selainellaceae 1 jenis, dan famili Lycopodiaceae 1 jenis.
PENGGUNAAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH Walil, Kamal liansyah; Akmal, Nurul; lismarita, lismatrita; Jalaluddin, jalaluddin
Jurnal Biology Education Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.02 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v9i1.3010

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh yang dilaksanakan pada bulan November-Desember 2018.” Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media prezi pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh. (2) untuk mengetahui tanggapan siswa pada materi sistem pencernaan manusia dengan menggunakan media prezi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan 9 kelas yang berjumlah 257 orang siswa. Sampel pada penelitian ini diambil dari 2 kelas yaitu kelas VIII-1 (30 siswa) sebagai kelas control dan Kelas VIII-2 (30 siswa) sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan mengunakan media prezi. Instrumen pada penelitian ini berupa, soal tes dalam bentuk pilihan ganda, dan angket. Pengolahan data dilakukan dengan perhitungan Normalized gain (N-Gain), dan uji hipotesis dengan “uji t”. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata selisih nilai kelas Kontrol sebesar 59,3 dengan nilai N-gain sebesar 0,30 (katagori rendah), dan kelas eksperimen sebesar 75,63 dengan nilai N-Gain sebesar 0,58 (katagori sedang). Hasil uji t diperoleh dengan thitung sebesar 5,44 dan ttabel 1,67 sehingga diketahui thitung > ttabel maka Ha diterima pada signifikan α= 0,05 dan analisis tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan media prezi tergolong cukup tertarik ditunjukkan dengan tanggapan siswa yang menjawab setuju mencapai 70% dan tidak setuju 13%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya penggunaan media prezi pada materi sistem pencernaan manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh.
PENGGUNAAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH Nurul Akmal; Lisma Rita; Jalaluddin Jaluddin; Kamal Liansyah Walil
Jurnal Biology Education Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.02 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v9i1.3159

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh yang dilaksanakan pada bulan November-Desember 2018.” Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media prezi pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh. (2) untuk mengetahui tanggapan siswa pada materi sistem pencernaan manusia dengan menggunakan media prezi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan 9 kelas yang berjumlah 257 orang siswa. Sampel pada penelitian ini diambil dari 2 kelas yaitu kelas VIII-1 (30 siswa) sebagai kelas control dan Kelas VIII-2 (30 siswa) sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan mengunakan media prezi. Instrumen pada penelitian ini berupa, soal tes dalam bentuk pilihan ganda, dan angket. Pengolahan data dilakukan dengan perhitungan Normalized gain (N-Gain), dan uji hipotesis dengan “uji t”. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata selisih nilai kelas Kontrol sebesar 59,3 dengan nilai N-gain sebesar 0,30 (katagori rendah), dan kelas eksperimen sebesar 75,63 dengan nilai N-Gain sebesar 0,58 (katagori sedang). Hasil uji t diperoleh dengan thitung sebesar 5,44 dan ttabel 1,67 sehingga diketahui thitung ttabel maka Ha diterima pada signifikan α= 0,05 dan analisis tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan media prezi tergolong cukup tertarik ditunjukkan dengan tanggapan siswa yang menjawab setuju mencapai 70% dan tidak setuju 13%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya penggunaan media prezi pada materi sistem pencernaan manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh. 
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN GOOGLE CLASS ROOM MELALUI KEGIATAN WORKSHOP DI SMAN 3 SEULIMEUM TAHUN 2020 Amir Hamzah
Jurnal Biology Education Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.378 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v9i1.4521

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilakukan di SMA Negeri 3 Seulimun dengan judul Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Google Class Room Melalui Kegiatan Workshop di Sman 3 Seulimeum, rumusn masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan Google Class Room dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran jarak jauh di SMAN 3 Seulimeum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penggunaan Google Class Room dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran jarak jauh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kaulitatif, dengan jenis penelitian PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) atau action research. Teknik analisis dan pengolahan data dilakukan dengan cara mengklasifikasikan atau mengkategorikan data berdasarkan beberapa tema sesuai fokus penelitannya. Pengolahan data pada penelitian ini terdiri dari Reduksi Data, Tabulasi data beedasarkan data yang di temukan di lapangan. Hasil Penelitian Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 yang dapat dilihat pada table satu diatas menunjukkan bahwa, dengan adanya workshop para dewan guru dapat memiliki akun masing-masing. Dimana sebelum adanya workshop yang memiliki akun hanya 10, sedangkan yang belum sebanyak 63. Setelah diadakan workshop yang memiliki akun menjadi 100. Sedangkan hasil penelitian pada siklus 2 yang dapat dilihat pada table 2 diatas menunjukkan bahwa, dengan adanya workshop para dewan guru dapat membuat media atau bahan ajarnya masing-masing. Dimana sebelum adanya workshop yang membuat bahan ajar hanya 0 , sedangkan yang belum sebanyak 100. Setelah diadakan workshop yang membuat bahan ajar menjadi 100. Kesimpulan Melalui Kegiatan Workshop Google Class Room dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh.
PENGGUNAAN SLINGKI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GELOMBANG DI KELAS VIII-5 SMP NEGERI 3 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2018-2019 Juwarni Juwarni; Nanda Fahira
Jurnal Biology Education Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.784 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v9i1.4520

Abstract

Penelitian yang dilakukan dengan judul penggunaan slingki sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gelombang di kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Banda Aceh tahun ajaran 2018-2019 dengan rumusan masalah penggunaan slingki sebagai media pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gelombang pada siswa kelas VIII-5. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana metode ini digunakan untuk melihat kemampuan siswa dalam memahami konsep Gelombang dengan menggunakan media Slingki dengan analisis data yang digunanan ada secara deskriptif untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus I dan II, maka dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, pada konsep gelombang. Hal ini dapat kita lihat dari hasil belajar siswa, aktivitas siswa pada saat PBM berlangsung dan kemampuan guru dalam melaksanakan PBM. Setelah dilakukan analisis peningkatan ini berkaitan langsung dengan penggunaan slinki sebagai media pembelajaran. Aspek yang terpenting adalah peningkatan hasil belajar siswa. Selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebagai media menggunakan asli yaitu slinki pembelajaran dapat juga berfungsi meningkatkan kemampuan daya pikir siswa pada konsep gelombang, yang selama ini dianggap sebagai materi yang sulit. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I belum sesuai dengan harapan yang diinginkan yaitu 70% . Hasil belajar siklus I hanya 73,6 % siswa tidak tuntas dan sebanyak 3 orang siswa yang memperoleh nilai 68 keatas tidak sesuai dengan nilai KKM. Berdasarkan dari seluruh hasil tindakan yang menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan keaktifan siswa serta peningkatan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan media asli sebagai media pembelajaran dapat digunakan pada konsep gelombang. Maka dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa. Penggunaan media asli yaitu slinki sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gelombang di kelas VIII-5 SMP negeri 3 Banda Aceh. Penggunaan media asli yaitu slinki sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa pada konsep gelombang, di kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Banda aceh. Penggunaan media asli yaitu slinki sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran pada konsep gelombang, di kelas VIII-5 SMP negeri 3 Banda aceh

Page 1 of 2 | Total Record : 16